Beranda > Investasi, ReksaDana > Diversifikasi menggunakan Reksadana

Diversifikasi menggunakan Reksadana

Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai diversifikasi menggunakan reksadana. Bila ada yang belum memahami diversifikasi atau reksadana, bisa mampir ke artikel saya yang lain, pada kategori investasi.

Diversifikasi, seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel saya yang berjudul “”. Diversifikasi perlu dilakukan demi keamanan finansial, dimana diversifikasi bertujuan untuk membagi resiko ke beberapa instrumen investasi.
Nah, sebenarnya ketika kita membeli reksadana, kita sudah melakukan diversifikasi. Mengapa? Karena setiap dana kelolaan reksadana pasti dimasukkan ke beberapa instrumen investasi. Hanya saja beberapa jenis Reksadana seperti reksadana saham biasanya berfokus ke saham, dan diversifikasi yang dilakukan hanya membagi dana kelolaan ke beberapa saham. Kurang lebih hal ini sama dengan Reksadana Pasar uang, diversifikasi yang dilakukan hanya berkisar pada instrumen pasar uang dan obligasi. Nah, diversifikasi di dalam reksadana yang paling terlihat adalah reksadana campuran. Beberapa reksadana campuran membagi dana kelolaan ke intrumen pasar uang dan saham. ontoh nya panin dana unggulan, 2% – 75% ke saham, 20-75% ke intrumen fixed income seperti hutang.

Dengan pembagian dana kelolaan tersebut, secara otomatis kita sudah melakukan diversifikasi, walau tidak terlalu terlihat. Masih bingung? mari lihat contoh di bawah ini.
misal:
sebuah reksadana A membagi dana kelolaan sebesar 70% ke instrumen saham, dan 30% ke instrumen fixed income.
ketika kita membeli reksadana A sebesar 100.000, maka 70.000 uang kita akan di gunakan untuk instrumen saham, dan 30.000 untuk instrumen fixed income.

Oh ya, tetapi sebaiknya anda tetap melakukan diversifikasi ke beberapa reksadana lain, jangan hanya bergantung kepada 1 reksadana atau bahkan ke 1 Manajer Investasi saja. hal ini untuk berjaga-jaga bila reksadana tersebut mengalami “kebangkrutan” (reksadana bodong).

Disclaimer ON!

regard,
sebastian88

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: