Beranda > Investasi, ReksaDana > Cara Investasi Reksadana

Cara Investasi Reksadana

Ada teman bertanya pada saya, gimana cara beli ReksaDana sih? Berapa minimal dana yang kita butuhkan untuk Investasi ReksaDana? Aku cuma punya uang 100rebu an, bisa gak investasi reksadana? aku masih mahasiswa belum punya NPWP, gimana?
Jawaban nya sih bisa-bisa aja dengan modal kecil ataupun belum punya NPWP…:D
Nah, di artikel ini akan saya coba jelaskan beberapa cara membeli reksadana yang saya ketahui dan juga berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli reksadana.

Pertama, modal untuk membeli reksadana. Bener nya modal membeli reksadana ada bermacam-macam, tergantung dari dimana kita beli dan tergantung dari minimal beli nya yang dipatok oleh Manajer Investasi.

  • Bank Mandiri – kalo kita beli di bank mandiri, umumnya minimal beli nya adalah 500ribu an – 1juta an. Dan kita diwajibkan untuk buka rekening di Bank Mandiri.
  • Bank UOB.Buana – Kalo di bank UOB Buana, minimal beli 5 juta. Sama seperti di bank Mandiri, kita juga diwajibkan untuk membuka rekening. tetapi kalau di sini, kita di bantu oleh orang dari UOB Buana, jadi kita di kasih tau ketika IHSG turun, IHSG naik, dll jadi kita tidak repot untuk memantau Reksadana Kita kalo kita mau main trading.
  • Bank Commonwealth – Nah, ini yang paling ‘mahasiswa’ banget, minimal beli sekitar 100an. Dan kita diwajibkan buka rekening, biaya rekening nya sekitar 6000/bulan. Kita juga bisa beli online, dan ketika beli online kita bisa dapet potongan fee 50%. ini yang paling di sarankan buat para mahasiswa yang masih terbatas dana nya.
  • Langsung ke Manajer Investasi – Contohnya Panin, dia tidak menjual ReksaDana melalui Bank, tetapi secara langsung. Jadi kalau kita mau beli Reksadana Panin, kita harus request form, kemudian transfer ke Rekening Investasi nya. Ini kita tidak perlu membuka rekening di bank mana pun, jadi tidak ada biaya tambahan. Minimal beli nya sekitar 1juta an – 10juta.

Kalo kita masih mahasiswa dan belum punya NPWP, kita bisa beli ReksaDana gak? Jawaban nya Bisa. Kita tinggal mengisi form yang menyatakan bahwa kita belum punya NPWP. Tapi usia kita harus sudah lebih dari 18 tahun, karna kita butuh KTP sebagai identitas.

Secara umum, cara membeli Reksdana:

  • Mengisi form-form pendahuluan sebelum beli reksadana.
  • Mengisi form pernyataan tidak memiliki NPWP.*kalo belum punya*
  • Kemudian tinggal beli deh. kalo bingung bisa tanya ke si CS nya yang ngelayanin. hehe

saia sih lebih suka ke Commonwealth bank, karena cenderung lebih murah dana yang dibutuhkan, sekitar 100ribu an, jadi bisa seperti ‘mencicil’, gak harus sekali isi tapi besar. hehe dan lagi online banking nya sangat membantu, jadi dimana aja bisa ngisi kalo pas ada duit dan IHSG turun..hehe..

kurang lebih ini yang bisa saya bagian. saya tidak membagikan informasi mengenai bank lain karena memang saya kurang tahu soal bank lain (daripada salah informasi), mungkin lain kali di lain artikel akan saya tambah kan. hehe
artikel saya yang lain mengenai investasi reksadana : “Mengenal Reksadana“,”Reksadana adalah investasi jangka panjang“,”Mencicil Investasi Menggunakan Reksadana“,”Istilah dalam Reksadana“,”Hal yang perlu diketahui sebelum investasi ReksaDana“,”Mengapa Perlu Berinvestasi?“.

regard,
sebastian88

Iklan
  1. Juni 20, 2011 pukul 10:32 am

    nice, bah ^^
    tak pikir2 dolo, smoga ada dana yg nganggur
    kamu skarang pake yg apaan??

    • Juni 20, 2011 pukul 1:39 pm

      aku di panin sama CW bank….ta diversifikasi…:D
      dah baca artikle yang diversifikasi investasi belum?nek beum baca dulu ae…tambah ilmu, tambah rating ku jg…:p

  2. indra p
    Juli 8, 2011 pukul 5:20 pm

    klo yang panin minimal 10 juta y ? q dah email ktanya se gitu,
    Panin memang dah tak incer dr dulu coz pertumbuhanya cpt

  1. Juni 20, 2011 pukul 11:34 pm
  2. Juni 22, 2011 pukul 8:36 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: