Beranda > Investasi, ReksaDana > Hal yang perlu diketahui sebelum investasi ReksaDana

Hal yang perlu diketahui sebelum investasi ReksaDana

Berikut ini saya coba paparkan beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan investasi di ReksaDana.

  • Mengenali Diri Sendiri – mengenali diri anda tergolong kedalam investor jenis apa, dalam hal ini seberapa besar resiko yang dapat anda ambil. konservatif, bila anda hanya bisa menerima sedikit resiko, bila anda merupakan tipe konservatif saya saran kan ambil reksadana pasar uang. Atau anda tipe moderat? anda bisa mengambil resiko yang lebih besar dengan return yang cenderung lebih besar juga? bila ya, berati saya saran kan anda mengambil Reksadana Pendapatan Tetap atau Campuran. Kalau anda tipe agresif, yang mampu mengambil resiko tinggi dengan return yang setimpal? berati sebaiknya anda mengambil Reksadana saham atau reksadana campuran yang alokasi dana nya lebih banyak ke saham.
  • Komitmen anda – Reksadana merupakan investasi yang bisa ‘di-cicil’. Sehingga anda perlu menyimpan sebagian dana anda secara konsisten di Reksadana. Proses ‘men-cicil’ reksadana bisa di sebut averaging. Proses ini sangat berguna ketika belum terbiasa melakukan investasi dan tidak tu kapan harus ‘masuk’ ke pasar. Selain itu, Reksadana bersifat long term(5-10 tahun) sehingga ketika kita akan take-profit, kita bisa mendapatkan hasil yang besar dari proses ‘men-cicil’ kita.
  • Tentukan Jangka Waktu – Sebaiknya jangka waktu yang digunakan di dalam investasi Reksadana adalah 5-10 tahun. Tetapi bila anda akan melakukan investasi dalam jangka waktu yang kurang dari 5 tahun tidak masalah, tetapi sebaiknya hitung juga rencana profit investasi anda.
  • Pelajari dulu MI & Bank Kustodian – Jangan hanya asal mengambil reksadana yang memiliki return tinggi di bulan lalu! Tetapi pelajari prospektus, alokasi dana yang di janjikan MI, Fund Fact Sheet, dll. Karena kinerja masa lalu belum tentu terjadi di masa depan.

saya bukan ahli ekonomi, tetapi semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin mencoba ber-investasi di dunia reksadana…:D

regard,
sebastian88

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. Juni 22, 2011 pukul 8:36 am
  2. Juni 22, 2011 pukul 3:34 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: