Beranda > Investasi, ReksaDana > Mengenal Reksadana

Mengenal Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi, disini saya berinvetasi reksadana karena menurut saya ada beberapa keuntungan yang di dapatkan dari mengelola reksadana daripada masuk ke instrumen investasi lain secara langsung…secara gampang, kita membayar Manajer Investasi untuk mengelola uang kita…
*walau sekarang sedang mencoba belajar bermain saham secara langsung* Berikut ini keuntungan yang kita dapat kalau berinvestasi ke reksadana:

  • Meminimalkan resiko – karena RD biasanya dikelola di beberapa instrumen(diversifikasi), sehingga ketika salah 1 instrumen turun instrumen lain tidak terpengaruh.
  • Dikelola secara pro – karena Manajer Investasi tentunya sudah lebih pro daripada kita.
  • Hemat Waktu – karena kita tidak perlu pantau terus, cukup pantau 1minggu sekali, 3 hari sekali, dll. dan kita bisa beli secara online, jadi gk perlu keluar-keluar rumah.

disamping keuntungan yang kita dapat di atas dan keuntungan secara material, Reksadana juga memiliki resiko…contohnya crash pada tahun 2008 kemaren…*akan coba saya bahas di lain artikel*
Berikut ini jenis-jenis Reksadana: *urut dari yang resiko rendah ke tinggi*

  • Reksadana Pasar Uang – RD yang investasinya ditanamkan pada instrumen pasar uang yang bersifat hutang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Reksadana Pasar Uang mirip dengan deposito, tetapi tidak memiliki batas waktu berapa lama dana akan disimpan/dikelola.
  • Reksadana Pendapatan Tetap – Reksadana yang minimal 80% dana kelolaan nya (aktiva) dikelola di dalam bentuk Efek yang bersifat hutang (bisa kurang dari 1 tahun, bisa lebih dari 1 tahun).
  • Reksadana Campuran – Reksadana yang memiliki perbandingan alokasi dana pada efek saham dan pendapatan tetap. Kombinasi kedua nya tidak sama untuk satu reksadana dan reksadana yang lain nya.
  • Reksadana Saham – Reksadana yang sekurang-kurangnya 80% dana yang dikelola di investasi kan ke saham.

Sebelum membeli reksadana, sebaiknya anda pelajari lebih lagi cara memilih reksadana yang baik, tujuan anda berinvestasi, jangka waktu berinvestasi, dan masih banyak lagi…*saya coba bahas di lain artikel*

regard,
sebastian88

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. Juni 22, 2011 pukul 8:36 am
  2. Juni 22, 2011 pukul 3:34 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: