Beranda > Komputer, Mac, Teknologi > 10 Tips meningkatkan Performa Mac

10 Tips meningkatkan Performa Mac

Berikut ini ada 10 cara meningkatkan kinerja Mac anda,

  1. Bersihkan Desktop
    Bersihkan Desktop! desktop bukan tempat penyimpanan file, karena menampilkan file-file dan folder di desktop dapat menambah beban pada Processor. Kalau memang ingin menyimpan file di desktop, gunakan lah 1 folder, kemudian simpan semua file di dalam 1 folder tersebut. Cara ini lebih meringankan kerja Processor daripada menjadikan desktop sebagai tempat penyimpanan.
  2. ‘Junk’ aplikasi
    Cek semua aplikasi yang terinstall di Mac. Pasti selalu ada aplikasi yang tidak digunakan selama 2 bulan terakhir, aplikasi tersebut disebut Junk aplikasi. Hapus Junk Apllication unutk mengurangi beban harddisk dan beban spotlight dalam proses indexing.
  3. Start Up Item
    Pada saat booting pertama kali, faktor utama yang memperlambat proses booting adalah terlalu banyak start up aplikasi. Kurangilah startup aplikasi, gunakan maksimal 6 aplikasi pada startup. cara mengaturnya adalah System -> Accounts -> Login Items, hapus aplikasi yang tidak terlalu digunakan.
  4. ‘Slim up’ aplikasi
    Aplikasi OSX dibangun dengan 2 arsitektur, OSX dan versi Mac OS lama. Sehingga aplikasi menggunakan resource berlebih untuk penyimpanan, ‘kurus’kan aplikasi! gunakan xSlimmer *jangan lupa backup*. Berikut ini Situs Official dari xSlimmer.

  5. Choose your language
    Mac OSX pada umumnya dibangun dengan menggunakan banyak bahasa. Bahasa tersebut digunakan untuk menampilkan aplikasi tersebut. Hapus bahasa yang tidak digunakan. Gunakan Aplikasi Monolingual untuk menghapus language package tersebut. Monolingual adalah aplikasi opensource yang bisa di download di sini atau dari 4shared.
  6. Widgets
    Dashboard widgets, penguras memory. terkadang widgets memang mempermudah pekerjaan kita tetapi widgets dapat menguras resource memory kita. jadi saya saran kan kurangi penggunaan widgets, gunakan widgets yang memang benar-benar berguna untuk mengurangi penggunaan memory yang berlebihan.
  7. Activity Monitor
    di Mac, kita dapat memonitor penggunaan resouce memory, gunakan Activity Monitor. Kita dapat memonitor semua proses yang sedang dijalankan di Mac. dengan menggunakan Activity Monitor, kita dapat memonitor semua aplikasi sehingga kita dapat menentukan aplikasi mana yang akan di shut down.
  8. Clean Up Harddisk
    Bersihkan harddisk! terlalu banyak file yang tidak digunakan lagi dapat mengurangi performa mac, karena mac memiliki spotlight yang mengindex semua data file dan folder yang ada di mac.
  9. Run Necessary
    Tidak semua aplikasi yang berjalan di Mac anda gunakan. Jalankan hanya aplikasi yang memang dibutuhkan saat ini saja, kurangi membuka aplikasi yang berlebihan. aplikasi yang berlebihan dapat menghabiskan resource memory Mac.
  10. Update And Maintenance
    Pastikan semua aplikasi Mac ter-update. untuk maintenance gunakan Onyx untuk melakukan maintenance Mac. Onyx adalah aplikasi opensource, bisa di download di sini atau 4shared.

Sementara hanya ini yang bisa saya bagikan, semoga bisa berguna untuk meningkatkan performa Mac anda.

regard,
sebastian88

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: