Beranda > Teknologi, Website > Tips Memilih Hosting

Tips Memilih Hosting

Hosting merupakan bagian vital dari sebuah website.. website dengan desain yang amat sangat bagus, tetapi tidak di dukung dengan fasilitas hosting yang baik, tentunya tidak akan memiliki performa yang baik..
berikut ini tips-tips untuk memilih hosting berdasarkan pengalaman saya..:)

1. Perusahaan, perusahaan hosting yang baik merupakan hal vital dalam memilih hosting…karena bila perusahaan saja sudah tidak jelas, hosting yang disediakan tentunya juga tidak baik.. dan lagi ketika kita memilih hosting, tentu nya kita mau menggunakan hosting itu selama nya(minim 1 tahun), kalau perusahaan tidak jelas, bisa jadi dalam waktu 6bulan, perusahaan itu lenyap dan hosting nya juga lenyap…

2. fasilitas dan fitur, fasilitas dan fitur yang banyak tentunya mempengaruhi harga.. jangan hanya mengejar murah, tetapi fasilitas yang kita butuh kan tidak ada (umum nya, cron, jumlah domain, dll)..

3. bandwidth dan space, tentukan kebutuhan kita.. beberapa web hosting yang memberikan bandwidth dan fitur Unlimited , ini sebenarnya nggak mungkin, karena segala sesuatu ada batasannya, misalnya Database=Unlimited, padahal database itu kan pake resource dari sebuah CPU yang punya quota maksimal, so nggak ada yang Unlimited.. takar dulu kebutuhan space dan bandwidth kita, baru kita mencari hosting yang sesuai.. berikut ini beberapa perhitungan dan penjelasan mengenai space dan bandwidth sebuah hosting..* nyomot dari website sebelah..

a. Space
Jika pakai wordpress : Space yang digunakan 4 – 5 MB ditambah plugin dan theme baru mungkin menjadi sekitar 7 MB. Jadi belilah hosting dengan space minimal 10 MB, tapi mungkin hanya bertahan untuk waktu yang tidak lama, karena database akan terus membengkak.

Untuk CMS lainnya seperti PHBB dan Joomla saya kurang tahu, coba tanyakan dulu kepada costumer supportnya berapa space yang dibutuhkan untuk install suatu CMS. Jangan sampai sudah membeli hosting tetapi ternyata spacenya kurang untuk install PHPBB padahal hosting tersebut ingin digunakan untuk Forum.

b. Bandwidth
Untuk pengunjung 100 – 300 per bulan bandwidth 1GB masih mencukupi.
Untuk pengunjung 300 – 500 per bulan disarankan bandwidth minimal 2GB.
Untuk pengunjung 500 – 700 perbulan 3GB bandwidth per bulan.
Note : Estimasi jika menggunakan WordPress

Perlu diketahui kalau bandwidth habis, maka web site tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu carilah web hosting yang menawarkan penambahan bandwidth jika bandwidth habis sebelum akhir bulan. Biasanya biayanya Rp. 10.000 / bulan untuk bandwidth 1 GB.

4. Customer Support, ini penting karena web anda bisa saja down atau mengalami masalah sewaktu-waktu. Lihat web hosting yang customer supportnya selalu online 24 jam/7, artinya kapan saja Anda menghubungi mereka, mereka akan siap melayani Anda, baik secara online lewat messenger, email maupun secara offline lewat telepon.

5. Keamanan dan Kualitas server, hal ini berhubungan dengan kecepan akses terhadap web Anda. Cuman untuk masalah spesifikasi server yang digunakan, saya nggak begitu paham. Biasanya web hosting memberikan pilihan lokasi server ketika Anda membeli web hosting, jika target pengunjung Anda adalah dari Indonesia maka akan lebih baik apabila lokasi server web Anda ada di Indonesia dan sebaliknya apabila target pengunjung web Anda dari luar negeri, pilih lokasi server di USA atau negara lainnya.
Lihat juga apakah sistem operasi yang mereka gunakan, linux atau windows. kalo web Anda banyak menggunakan PHP, sebaiknya pilih yang pake linux.

Regard,
sebastian88 as schizophrenz

Iklan
Kategori:Teknologi, Website
  1. animangel
    Januari 5, 2011 pukul 4:03 am

    waw, makasih tipsnya kk 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: